CURUG PASUCEN

curug pasucenSelain taman wisata Pantai Kartini alias Dampo Awang Beach, kolam pemandian Mantingan, Sumber Semen di Sale. Embung Lodan di Sarang, ada satu lagi wisata alam yang belum tersentuh pengelolaan, yakni air terjun di Desa Pasucen, Kecamatan Gunem. Berjarak kurang lebih satu jam dari Kota Rembang. Terletak di desa Pasucen kecamatan Gunem kabupaten Rembang (dari Rembang ke arah Blora)

Akses paling mudah menuju lokasi adalah lewat Sulang kemudian mengambil jalur ke Gunem kemudian ambil arah desa Tegaldowo (jalur pabrik semen). Atau, jika anda dari Lasem ambil-lah arah Pamotan kemudian Gunem kemudian ambil arah desa Tegaldowo juga. Setelah sampai desa Tegaldowo tinggal ikuti arah ke tapak pabrik semen, setelah sampai desa Pasucen akan ada rambu-rambu yang memudahkan anda menuju lokasi. Sebenarnya ada jalur lain yang lebih mudah yaitu lewat Bulu

Dua air terjun berjajar itu masih belum banyak diketahui wisatawan. Paling, hanya segelintir wisatawan lokal yang kebanyakan kalangan pelajar berkunjung saat sedang musim liburan. Air terjun ini terbentuk akibat derasnya aliran sungai yang mengalir saat musim penghujan. Secara kasat mata, air terjun yang satu ini tergolong menarik. Ada dua air terjun yang berjajar dengan jarak cukup dekat, ketinggiannya pun cukup ideal, yakni sekitar 25 meter. Sangat disayangkan jika potensi ini belum dikelola dengan baik.

curug pasucenUntuk menuju lokasi air terjun di Pasucen ini, tidak ada sarana transportasi umum yang bisa digunakan, sehingga pengunjung yang datang harus membawa kendaraan sendiri. Jika ditempuh dari arah Pamotan mengambil jalur sebelah barat Kantor Pegadaian menuju arah selatan ke Desa Pasucen, jaraknya sekitar 5 km. Kemudian jalan kaki menuruni terjalnya jurang. Kondisi jalan tergolong baik hanya beberapa ratus meter menjelang lokasi jalan agak sempit karena melalui jalan cor, dan banyak yang terkelupas. Di sepanjang perjalanan pengunjung dapat melihat keindahan alam lereng gunung.

Setelah sampai di Desa Pasucen, pengunjung harus berjalan kaki menuruni terjalnya jurang. Kondisi jalan tergolong cukup baik. Hanya beberapa ratus meter menjelang lokasi, kondisi jalan agak menyempit, dan permukaan banyak yang terkelupas. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam lereng pegunungan.

curug pasucenKarena belum dikelola oleh pemerintah, maka sejumlah warga berinisiatif menyediakan jasa parkir kendaraan bagi pengunjung di sekitar lokasi. Biasanya, saat hari libur wisatawan yang berkunjung cukup banyak. Hal ini kontras saat hari-hari biasa. Air terjun ini kondisinya masih sangat alamiah. Harapannya melalui sentuhan dan pengelolaan yang didukung oleh Pemda Kabupaten Rembang, masih sangat memungkinkan menambah daya tarik wisatawan. Misalnya dikembangkan untuk outbound dan ekowisata.

Ekowisata adalah bentuk baru dari perjalanan bertanggungjawab ke area alami dan berpetualang yang dapat menciptakan industri pariwisata (Eplerwood, 1999). elama lebih dari enam puluh tahun. Pngertian Outbond adalah adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (Outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (outbound games) baik secara individu maupun perkelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *