PANTAI KARANG JAHE

pantai karangjaheTempat wisata Karang Jahe, merupakan pantai yang memiliki panorama yang sangat indah. Pemda Rembang memberi sentuhan melalui penenaman cemara menambah keindahan pantai semakin memikat. Pada awal mulanya dengan tujuan untuk mengurangi abrasi pantai dilakukanlah penanaman ribuan pohon cemara, hal tersebut ternyata memberi kan hasil melebihi apa yang diharapkan.  Pohon cemara tumbuh dengan baik disepanjang tepian pantai dan sekarang tanaman cemara ini telah memberi kesejukan yang menawan.

Tempat Wisata Pantai Karang Jahe ini sangat mudah untuk dijangkau. Pintu masuk ke area pantai ini, berada dipinggir kalan utama Semarang-Surabaya. Artinya jika kita melewati jalan tersebut, kita dapat menyempatkan diri untuk menuju pantai Karang Jahe ini. Pantai ini berada sebelah utara Desa Punjulharjo yang berada di tengah – tengah jalur utama pantura kabupaten Rembang – Lasem, lebih tepatnya di JL. Rembang – Lasem Km 7.5 Desa Punjulharjo Kabupaten Rembang. Sebelum masuk ada gapura yang bertulisakan Desa Punjulharjo dan disebalah kanan dan kiri ada baliho besar sebagai penunjuk bahwa disini ada tempat wisata pantai Karang Jahe. Dari gapura masuk ke arah utara lebih kurang 800 meter.

pantai karangjahePantai yang mempunyai keunggulan hamparan pasir putih dan ribuan pohon cemara sepanjang  1 KM kini bisa menjadi tujuan wisata bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi keindahan laut dengan barisan pohon cemara yang rindang dan hamparan butiran-butiran pasir putih yang masih bersih dan natural. Dibawah pohon-pohon cemara ini, kita dapat menghamparkan tikar untuk lesehan sambil menikmati makanan atau duduk-duduk untuk melepas penat bersama keluarga.

Wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua cukup membayar parkir Rp. 2.000,00 dan Roda 4 atau lebih cukup membayar Rp. 5000,00 biaya tersebut sudah menjadi tiket masuk ke lokasi wisata pantai. Pasir Pantai Karang Jahe ini sangat nyaman jika untuk bermain pasir-pasiran dengan membuat aneka bentuk gunungan, atau rumah-rumahan, dll. Warna pasir putih, dan butirannya sangat lembut. Air laut di pantai Karang Jahe ini sangat nyaman jika digunakan untuk mandi, berenang, atau sekedar main air laut.

 

Berbagai fasilitas pendukung teah disediakan, diantaranya mushola, toilet dan kamar mandi ynag berada ada sisi kanan dankiri, area parkir kendaraan roda dua dan empat. Selain itu juga berjejer warung-warung kecil yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Hal ini berarti jika kita ingin menikmati pantai ini telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

pantai karangjahe Pantai ini juga sangat cocok digunakan untuk kegiatan Outbound, foto session pre wedding atau foto session model. Menikmati indahnya sunrise atau sunset menjadi pilihan yang layak untuk diperhitungkan sebagai destinasi wisata anda bersama keluarga. Pantai ini juga sangat sarat dengan berbagai media, dan sumber pembelajaran. Guru dapat mengaitkan seluruh mata pelajaran untuk dihubungkan. Sudah barang tentu disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Hal inilah yang diharapkan dari kurikulum yang dikembangkan sekarang ini.

Potensi laut Kabupaten Rembang sangat memungkinkan untuk dikembangkan melalui berbagai bentuk. Sepanjang pantai di wilayah kabupaten Rembang merupakan alternatif wisata yang dapat dikembangkan. Kemasan wisata bahari dapat menjadi alternatif pengembangan wista pantai yang dapat ditawarkan dan dikembangkan. Diantaraya adalah Pantai Kartin (Dampo Awang Beach) Rembang, Pantai Tasikharji Rembang, Tempat Peelangan Ikan (TPI), Pantai Caruban Lasem, Pantai Bonang/Binangun, aneka produk makanan khas Rembang sebagai wisata kuliner berbasis produk laut.

 

Menurut informasi, ke depan bahwa pantai karang Jahe tidak hanya untuk memperbaiki gugusan karang disebelah utara pantai Karang jahe saja tapi pihak Pemerintah Provinsi Jateng juga menyumbang blok beton dengan harapan karang di tempat tersebut dapat tumbuh sehingga dapat menjadi tempat berkembangbiaknya ikan dan menjadi obyek wisata baru seperti memancing dan diving (menyelam).

 

Sumber: pribadi dan http://rembangfokus.blogspot.com/2015/03/pantai-karang-jahe-rembang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *