Lignit

Lignit, sering disebut sebagai batubara coklat, atau merupakan bahan bakar coklat yang lembut dengan karakteristik yang tersimpan di suatu tempat antara batubara dan gambut. Hal ini dianggap sebagai peringkat terendah dari batubara; Lignit digunakan hampir secara eksklusif sebagai bahan bakar untuk tenaga listrik uap generasi. PLTU Rembang bahan bakar berasal dari pembangkit listrik tenaga lignit.

 

 

 

Characteristics

Lignit coklat-warna hitam dan memiliki kadar karbon sekitar 25-35%, kadar air tinggi yang melekat kadang-kadang setinggi 66%, dan kadar abu berkisar antara 6% sampai 19% dibandingkan dengan 6% sampai 12% untuk bituminous.
Kandungan energi berkisar lignit 10-20 MJ / kg (9-17000000 BTU per ton pendek). Lignit memiliki kandungan tinggi zat terbang yang membuatnya lebih mudah untuk diubah menjadi gas dan produk minyak bumi cair dari batubara peringkat yang lebih tinggi. Namun, tinggi kelembaban konten dan kerentanan terhadap pembakaran spontan dapat menyebabkan masalah dalam transportasi dan penyimpanan. Namun, kini diketahui bahwa proses efisien yang menghilangkan kelembaban laten terkunci dalam struktur batubara coklat akan membuang risiko pembakaran spontan untuk tingkat yang sama seperti batubara hitam, akan mengubah nilai kalori batubara coklat untuk bahan bakar setara batubara hitam sementara secara signifikan mengurangi profil emisi batubara coklat ‘dipadatkan’ ke tingkat yang sama atau lebih baik dari batubara yang paling hitam.

Kegunaan

Karena kepadatan energi yang rendah dan kadar air biasanya tinggi, batubara coklat adalah tidak efisien untuk mengangkut dan tidak diperdagangkan secara luas di pasar dunia dibandingkan dengan nilai batubara yang lebih tinggi. Hal ini sering dibakar pada pembangunan pembangkit listrik. Terutama karena kadar air batubara coklat tinggi, emisi karbon dioksida dari batubara cokelat umumnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan batubara hitam.

 

Types

Lignit dapat dipisahkan menjadi dua jenis. Yang pertama lignit xyloid atau fosil dan bentuk kedua adalah lignit lignit atau sempurna kompak. Meskipun lignit xyloid kadang-kadang mungkin memiliki keuletan dan munculnya pada kayu biasanya dapat dilihat pada jaringan kayu yang mudah terbakar yang telah mengalami modifikasi.

Lignit merupakan salah satu jenis batubara yang merupakan  perubahan lanjut dari gambut. Berdasarkan klasifikasi ASTM-ASA, nilai kalorinya 6.300 BTU/Ib/daf.

Lokasi             :  Desa picis, kecamatan gunem.

Kegunaan       : Bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *