Andesit

Andesit adalah suatu jenis batuan beku vulkanik dengan komposisi antara dan tekstur spesifik atau daerah-daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperti Indonesia. Nama andesit berasal dari nama Pegunungan Andes. Batu andesit banyak digunakan dalam bangunan-bangunan megalitik, candidan piramida. Begitu juga perkakas-perkakas dari zaman prasejarah banyak memakai material ini, misalnya: sarkofagus, punden berundak, lumpang batu, meja batu, arcadll.

Di zaman sekarang batu andesit ini masih digunakan sebagai material untuk nisan kuburan orang Tionghoa, cobek, lumpang jamu, cungkup/kap lampu taman dan arca-arca untuk hiasan.

Andesit merupakan salah satu jenis dari batuan beku yang terbentuk dari pendinginan dan pemadatan magma intermediet di dalam atau diluar bumi sebagai intrusi atau lava. Secara umum andesit memiliki warna abu-abu yang didominasi oleh mineral plagioklas dan mineral lain seperti piroksen, biotit, hornblende dan lain-lain. Andesit terdiri dari 2 Jenis: Andesit Bintik dan Andesit Polos. Tahun 2009 jumlah luas lahan andesit yang berijin di kabupaten Rembang sebesar 54,55 Ha atau 1,35% dari sisa jumlah luas 4.001,95 Ha atau 98,65%.

Kegunaan: bahan bangunan dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *