Sektor Unggulan

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, Kabupaten Rembang memiliki sektor-sektor yang berpotensi untuk dikembangkan seoptimal mungkin dalam rangka mengelola daerah. Hal ini merupakan implementasi dari UU No 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah yang diperbarui dengan UU No 34 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Oleh karena itu sektor-sektor yang ada di Kabupaten Rembang kemudian dikembangkan seoptimal mungkin. Ada beberapa sektor yang menjadi unggulan Kabupaten Rembang, di antaranya pertambangan, kehutanan, pariwisata, pertanian, perikanan, perdagangan dan perindustrian.

Sektor perikanan yang mencakup bidang kelautan dan perikanan merupakan sektor yang menjadi perhatian utama bagi Pemerintah Kabupaten Rembang. Hal ini dikarenakan sektor inilah yang memberikan kontribusi terbesar dalam perolehan pendapan asli daerah sendiri (PADS) Kabupaten Rembang. Dengan demikian sektor kelautan dan perikanan ini dapat dikatakan sebagai sektor yang paling diunggulkan dewasa ini oleh Pemerintah Kabupaten Rembang.

Untuk mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Rembang, maka diperlukan peran dari seluruh stakeholder terkait, dalam hal ini masyarakat kelautan dan perikanan, dan juga institusi pemerintah yang menangani bidang ini. Institusi pemerintah yang berperan besar dalam pengembangan sektor ini seoptimal mungkin adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang.

Dalam rangka mengoptimalkan potensi perikanan dan kelautan di Kabupaten Rembang, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang mencanangkan visi dan misi Dinas yang kemudian dijabarkan dalam program kerja, dan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan Dinas. Dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tersebut, akan timbul beberapa kegiatan yang mempunyai peluang untuk diinvestasikan. Investasi dari kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki Kabupaten Rembang, meliputi bidang perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan serta pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *