Lempung Bola (Ball Clay)

Lempung bola adalah tanah liat sedimen kaolinitik, yang biasanya terdiri dari 20-80% kaolinit, mika 10-25%, 6-65% kuarsa, halus dan plastik di alam. Lempung bola adalah deposito relatif langka karena kombinasi faktor geologi yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pelestarian. Umumnya digunakan dalam banyak pembuatan  keramik, di mana peran utama mereka adalah baik untuk untuk memberikan plastisitas atau untuk membantu stabilitas rheologi selama proses shaping.

Lempung bola merupakan mineral yang sangat jarang ditemukan.  Kadang-kadang disebut sebagai tanah liat plastik. Lempung bola berasal sedimen. Seperti sungai mengalir dari daerah dataran tinggi mereka tercampur dengan mineral tanah liat lainnya, pasir, kerikil dan vegetasi sebelum menetap di dataran rendah cekungan untuk membentuk lapisan overlay dari tanah liat/lempung  bola. Lempung bola biasanya mengandung tiga mineral dominan: 20-80 kaolinit%, mika 10-25%, dan kuarsa 6-65%. Selain itu, ada yang lain ‘aksesori’ mineral dan beberapa bahan karbon (berasal dari tanaman kuno). Variasi yang luas baik dalam komposisi mineral dan ukuran hasil tanah liat partikel dalam karakteristik yang berbeda untuk lapisan tanah liat individu dalam deposit.

Kegunaan:

  • Dinding dan lantai keramik: Dikombinasikan dengan bedak, feldspar, kuarsa / silika dan kaolin, tanah liat bola dimanfaatkan untuk plastisitas dan sifat ikatan.
  • Tanah liat tahan api: Kemampuan untuk melawan efek dari temperatur yang sangat tinggi membuat bola tanah liat yang ideal untuk digunakan dalam produk tahan api seperti isolasi kiln dan furnitur.
  • Konstruksi keramik: Bahan bangunan seperti batu bata, pipa tanah liat dan genteng semuanya mengandung tanah liat bola.
  • Isolator porselen Listrik: Anda akan menemukan tanah liat bola dalam komponen porselen listrik yang memberikan isolasi dari arus tegangan tinggi.
  • Non-keramik aplikasi: Ini termasuk industri konstruksi; hortikultura, pertanian dan kemudahan industri; digunakan sebagai pengisi dan extender dalam polimer, lem, plastik, sealant, pupuk dan insektisida.

Ball clay merupakan salah sati jenis batu lempung yang tersusun secara dominan oleh mineral kaolinite dan mineral lain seperti ilite, kuarsa dan karbon dengan karakter derajat keplastisan tinggi.

Kegunaan:  Bahan baku industri genting ,porselen, bata tahan api,karet dan lain lain.

Kandungan: SiO2: 35-60%, Al2O3: 30-40%,Fe2O3 : 1-7%

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *